Artikel

Perhatikan Kualitasnya, Berikut Tips Memilih Santan Terbaik

Tahukah kamu? Rendang menjadi salah satu makanan khas Indonesia yang telah mendunia. Hidangan asal Sumatera Barat ini bahkan menduduki peringkat pertama sebagai makanan terenak di dunia selama 8 tahun berturut-turut sejak tahun 2011 dalam World’s 50 Most Delicious Foods versi CNN International.

Selain daging, bahan dasar yang tidak boleh ketinggalan saat memasak rendang adalah santan. Salah satu kunci utama dalam membuat santan yang lezat terletak pada kualitas santan yang digunakan. Menggunakan santan yang berkualitas kurang baik dapat merusak hasil akhir dari rendang.

Saat ini, terdapat berbagai jenis santan untuk memasak, baik itu dari santan olahan sendiri di rumah sampai dengan santan instan siap pakai. Lalu bagaimana cara kita memilih santan terbaik untuk digunakan saat memasak? Berikut beberapa tips yang bisa kamu ikuti dalam memilih santan instan terbaik:

  1. Cek Takaran Santan dalam Satu Kemasan

Saat ini, terdapat 2 jenis santan instan yang bisa ditemukan yaitu santan instan bubuk serta santan instan cair. Santan instan bubuk biasanya digunakan untuk sekali pakai, sementara santan instan cair memiliki takaran kemasan yang lebih bervariasi. Untuk santan instan cair sekali pakai, pilihlah kemasan kecil dengan ukuran 65 ml. Biasanya untuk ukuran ini setara dengan setengah butir kelapa. Santan instan cair yang belum digunakan dapat disimpan kembali ke kulkas, namun tidak boleh disimpan terlalu lama. Jika disimpan terlalu lama maka santan akan menggumpal dan rasanya menjadi lebih masam.

  1. Pilih Santan dari Kelapa Berkualitas

Santan yang dihasilkan dari kelapa tua cenderung lebih kental dibandingkan dengan santan dari kelapa yang masih muda. Santan yang bertekstur kental memberi rasa lebih gurih dan menambah kelezatan masakan.

  1. Perhatikan Kandungan Santan Instan

Saat memilih santan instan, perlu kita perhatikan pula kandungan apa saja yang ada di dalamnya. Hindari santan yang memakai pengawet buatan, serta pemutih yang berbahaya bagi tubuh. Santan instan yang proses produksinya menggunakan teknologi ultra high temperature (UHT) pun juga aman untuk dikonsumsi. Santan cair instan yang melalui proses UHT akan jauh lebih awet sekaligus tidak merusak nutrisi yang terkandung.

Santan MamaKoko berkomitmen untuk selalu memprioritaskan kualitas produknya. Terbuat dari daging kelapa tua pilihan yang diproses tanpa tambahan pengawet buatan, serta melalui teknologi sterilisasi UHT menjadikan santan MamaKoko santan pilihan mama untuk keluarga. Temukan santan MamaKoko di minimarket kesayangan anda.

Back to list

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *