Artikel

Es Dung Dung, Es Krim Jadul Berbahan Dasar Santan

Es dung dung, es tong tong, atau es puter, es satu ini memang dikenal dengan banyak nama dan populer di kalangan warga Indonesia. Dikenal dengan nama es dung dung serta es tung tung dikarenakan pedagang es ini sering kali berjualan dengan cara berkeliling sambil membunyikan gong kecil dan akhirnya terdengar bunyi seperti tung atau dung. Sementara dinamakan es puter dikarenakan dalam proses pembuatannya, adonan diputar-putar dalam alat pembuat es hingga mengkristal. Hidangan pencuci mulut ini memiliki ciri khas rasa gurih yang berasal dari bahan utamanya yaitu santanĀ  sebagai pengganti dari susu.

Gagasan membuat es krim dengan bahan dasar santan diawali karena adanya dorongan masyarakat pada zaman dulu untuk mencicipi es krim. Namun, dikarenakan harga susu yang cukup mahal, maka diciptakanlah es krim berbahan dasar santan yang lebih terjangkau harganya. Santan terbilang mudah didapat dan harganya juga lebih murah sehingga bisa dijangkau oleh masyarakat Indonesia yang ingin membuat es krim ala Indonesia. Tampilannya pun dibuat sama dengan es krim pada umumnya.

Es dung dung biasa kita temukan dijajakan oleh penjual menggunakan gerobak, namun tidak jarang juga es dung dung disajikan pada acara-acara tertentu seperti resepsi pernikahan, arisan, serta acara lainnya. Es dung dung juga memiliki berbagai cara untuk disajikan, seperti disajikan dengan cone, dijadikan sandwich dengan roti tawar, atau disajikan begitu saja dalam gelas. Es dung dung ini juga bisa diberikan topping tambahan seperti potongan kacang, ketan hitam, sampai dengan potongan buah. Berkat popularitasnya, tak jarang brand es krim terkenal pun juga ikut berinovasi menciptakan es krim dengan rasa lokal ini.

Es dung dung telah menjadi hidangan penutup favorit warga Indonesia. Dengan bahan utamanya yaitu santan yang menjadi ciri khas utama dari hidangan ini, es dung dung sukses mempertahankan popularitasnya sampai sekarang ini dan cocok dinikmati bersama keluarga. Tertarik membuat sendiri es dung dung untuk keluarga di rumah? Jangan lupa gunakan santan pilihan terbaik untuk hasil yang maksimal. MamaKoko hadir sebagai solusi untuk setiap masakan. Dibuat dari kelapa tua pilihan serta diolah tanpa pengawet buatan dan melalui proses sterilisasi UHT, menjadikan santan MamaKoko santan Mama berkualitas. Klik di sini untuk mendapatkan resep es dung dung untuk disajikan bersama keluarga.

Back to list

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *