Artikel

Intip Sejarah Hari Kelapa Sedunia yang Diperingati Tanggal 2 September

Kita pasti sudah tidak asing lagi dengan kelapa. Rasanya yang nikmat dan dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan membuat buah satu ini disukai banyak orang. Namun tahukah kamu bahwa setiap tanggal 2 September setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Kelapa Sedunia?

Hari Kelapa Sedunia pertama kali diperingati pada tanggal 2 September 2009, oleh Komunitas Kelapa Asia Pasifik (Asia Pacific Coconut Community/APCC) untuk mempromosikan serta meningkatkan kesadaran mengenai kegunaan dan manfaat buah kelapa di berbagai industri. Sejak saat itu, UN-ESCAP (United Nations Economic and Social Commission for the Asia Pacific) telah memberikan wewenang kepada APCC untuk merayakan hari ini setiap tahunnya pada tanggal 2 September.

APCC pada awalnya Bernama Asian Coconut Community, namun ketika negara-negara di luar Asia mulai bergabung dengan organisasi ini, namanya diubah menjadi Asia and Pacific Coconut Community. Perjanjian pembentukan Asian Coconut Community didirikan di Bangkok pada tanggal 12 Desember 1968 dan ditandatangani oleh negara-negara India, Indonesia, dan Filipina. Setelah disetujui, Komunitas Kelapa Asia mulai beroperasi pada tanggal 9 September 1969 dengan kantor pusat di Jakarta. Dipilihnya tanggal 2 September untuk perayaan tahunan ini pun juga untuk menandai ulang tahun pembentukan APCC pada tanggal yang sama di tahun 1969.

Pada tahun 2022, dengan bantuan dari Coconut Development Board (CDB), Hari Kelapa Sedunia dirayakan di beberapa negara bagian di India seperti Kerala, Tamil Nadu, Karnataka, Goa, Benggala Barat, Andhra Pradesh, Orissa, dan lain-lain. Tema dari Hari Kelapa Sedunia pada tahun 2022 adalah “Growing Coconut for a Better Future and Life”.

Tahun ini, Indonesia berkesempatan menjadi tuan rumah perayaan Hari Kelapa Sedunia tepatnya di kota Gorontalo. Peraayaan tahun ini memiliki tema “Sustaining Coconut Sector for the Present and Future Generation” serta akan dihadiri oleh negara-negara penghasil kelapa seperti Malaysia, India, Thailand, dan Jamaica.

Perayaan hari kelapa sedunia yang rencananya berlangsung pada tanggal 21-25 September ini terdiri dari beberapa kegiatan seperti pameran, pelatihan kepada petani, serta seminar yang mengahadirkan figur yang ahli dalam bidangnya sebagai pembicara, seperti executive director dari International Coconut Community. Dikutip dari website resmi International Coconut Community (https://coconutcommunity.org) , rangkaian acara akan dibuka oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno.

Berbicara tentang kelapa memang tidak ada habisnya, karena setiap bagiannya yang bisa diolah menjadi berbagai macam hal, seperti air kelapa serta santan. Sekarang kamu bisa ikut nikmati kebaikan air kelapa dalam sekaleng CocoClub yang berpadu dengan kenyalnya nata de coco. Untuk kamu yang suka masak juga bisa rasakan gurihnya santan MamaKoko yang terbuat dari kelapa pilihan untuk setiap masakanmu.

Back to list

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *